Posted by Unknown | 0 comments

RUWATAN MASSAL DALAM RANGKA DIES NATALIS KE ISI SURAKARTA 2016


RUWATAN MASSAL
DALAM RANGKA DIES NATALIS KE ISI SURAKARTA
Ruwatan Sukerta adalah sebuah peristiwa budaya yang kini telah langka hadir di tengah-tengah masyarakat. Dalam pandangan hidup masyarakat Jawa, Sukerta adalah orang yang memiliki cacat spiritual atau hidupnya berada dalam masalah. Mengingat hal tersebut maka untuk bisa kembali pada kondisi normal orang Sukerta perlu melewati serangkaian prosesi ritual. Lalu siapa sajakah yang termasuk dalam orang-orang Sukerta? Mengacu pada Kitab Pustaka Raja Purwa karya Ronggowarsito orang Sukerta ada 136 macam, Kitab Centhini karya Sri Pakubuwana V menyebut 19 macam, Serat murwakala menyebut 19 macam, dan Kitab Manik Maya serta Pakem Pangruwatan Murwakala sama-sama menyebutkan orang yang nandang Sukerta ada 60 macam. Beberapa macam Sukerta yang cukup dikenal masyarakat adalah:
Ontang-anting: 1 anak; laki-laki,
unting-unting: 1 anak; perempuan,
Kedhana-kedhini 2 anak; laki-laki dan perempuan,
Kedhini-kedhana: 2 anak; perempuan dan laki-laki,
Kembang Sepasang: 2 anak; perempuan semua,
Uger-uger Lawang: 2 anak; laki-laki semua,
Sendhang Kaapit Pancuran: 3 anak; laki-laki, perempuan, laki-laki,
Pancuran Kaapit Sendhang: 3 anak; perempuan, laki-laki, perempuan,
Tripurusa: 3 anak; laki-laki semua,
Triwati: 3 anak; perempuan semua,
Saramba: 4 anak; laki-laki semua,
Sarimpi: 4 anak; perempuan semua,
Pandhawa: 5 anak; laki-laki semua,
Ngayoni: 5 anak; perempuan semua,
Apil-apil: 5 anak; 4 laki-laki dan 1 perempuan, dan masih banyak lagi.
Tahun ini Jurusan Pedalangan Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia Surakarta dalam upaya pelestarian nilai-nilai budaya tradisi sekaligus memperingati dies natalis ke-52 ISI Surakarta, akan menyelenggarakan Ruwatan Sukerta tersebut pada hari Sabtu, 16 Juli 2016, pukul 10.00-12.00 WIB bertempat di Pendapa Ageng ISI Surakarta Jl. Ki Hajar Dewantara 19 Kentingan, Jebres, Surakarta, dengan Dalang Pangruwat: Ki H. Manteb Soedharsono (KRA. Lebdodiningrat) Empu Paripurna Jurusan Pedalangan ISI Surakarta.
Bagi masyarakat umum yang ingin ikut serta dalam ruwatan ini, pendaftaran telah dibuka sejak tanggal 11 April s.d. 1 Juli 2016 dengan mendaftarkan diri ke Sekretariat Panitia Ruwatan Sukerta Jurusan Pedalangan Fak. Seni Pertunjukan ISI Surakarta melalui SMS atau WA ke nomor 08562849192 (a.n. Ika Laksmiwati) dengan format: “Nama lengkap [spasi] alamat [spasi] jumlah peserta yang akan diruwat”. Adapun biaya keiikutsertaan adalah: Peserta 1 orang Rp 1.000.000, Peserta 2 orang Rp 2.000.000, Peserta 3 orang Rp 2.500.000, Peserta 4 orang Rp 3.000.000, dan Peserta 5 orang sebesar Rp 3.500.000,- Biaya dapat ditransfer via Rekening BNI No. 0414514938 (a.n. Sudarsono). Apabila telah mentransfer biaya tersebut diharapkan peserta untuk konfirmasi ulang via SMS atau WA pada nomor contact person di atas disertai foto bukti transfer.

0 comments: